Pages

Minggu, 16 Maret 2014

Straighta News

Qi Fuk di vihara paramitha


           Lampung Selatan, 16 maret 2014 di mana masyarakat atau suku tionghoa menyambut tahun baru (Qi Fuk) di vihara paramita Bhakti yang di mulai dari pukul 08.30 sampai pukul 12. 00. Acara ini juga di hadiri oleh Bhikkhu Sangha, Acara yang pertama Fangsen dan di lanjutkan dengan acara kifuk acara ini juga di pimpin oleh Bhikkhu Sangha hingga selsai. Dimana acara ini di sambut meriah  oleh masyrakat tionghoa dan jawa. 

Magha Puja Di Vihara Buddha Seri

         Lampung Timur, 16 Maret 2014 merayakan hari magha puja  di Vihara Buddha Sri di hadiri 8 vihara selampung timur di hadiri oleh Bhikkhu Sangha. Sebelum acara Magha puja di mulai di adakan pindapata dimana seorang umat berdana kepada angota Sangha yang di mulai dari jam 10. 00 sampai jam 10. 00. Setelah pindapata selsai angota Sangha makan siang di lanjutkan dengan acara inti yaitu magha puja. Disaat magha berlansung Bhikkhu sanggha memberikan wejangan Dharma oleh Bhikkhu Bhadra Budi mengenai jalan hidup seseorang supaya ada bekal ketika pulang dari Vihara.

KULIAH UMUM STIAB JINARAKKHITA

Bandar lampung. 11 April 2014. Kel. Kangkung, Kec. Teluk Betung Selatan, Sekolah Tinggi Ilmu Agama Buddha Jinarakkhita mengadakan kuliah umum pada pukul 09.00. Kuliah umum ini diselenggarakan di gedung STIAB Jinarakkhita lantai 3 Auditorium yang diikuti oleh semua mahasiswa Jinarakkhita dengan Tema Applied Ethics: “An Exploration Of Mindful Education” yang disampaikan oleh Nyana Bhadra sebagai narasumber dari flam vilagge. Dalam kuliah umum ini disampaikan bahwa menjadi seorang guru yang dapat merubah dunia seperti guru agung Buddha.di dalam kuliah umum ini juga di ajurkan setiap proses supaya sadar setiap saat dan kembali pada nafas.


DAY OF MINDFULNESS

Kemiling, 9 APRIL 2014 komunitas sangha mengadakan kegiatan hidup berkesadaran (ret-ret) selama satu sehari yang dimulai pada pukul 05.00 am sampai pukul 17.50 pm. Dengan adanya kegiatan ini para Bhikkhu, samanera, dan samaneri mendapatkan pengetahuan yang baru dan pengalaman baru. Kegiatan yang dilakukan antara lain: Diskusi bersama mengenai tentang 4 roda kehidupan atau disingkat dengan B4 (bermain, belajar, bekerja, dan berlatih yang disampaikan oleh Bhikkhu Nyana Bhadra).
Kegiatan selanjutnya yaitu makan siang bersama dengan penuh keheningan, kesadaran. Setelah makan siang kurang lebih 1 jam di gunakan untuk istirahat siang dan dilanjutkan pukul 15. 30 pm. Setelah itu di lanjukan dengan sering Dharma dan berbagi pengalaman selama menjadi seorang Pabajita dan pada saat itu satu persatu berbagi bagaimana yang di hadapi dan bagaimana cara ia menyelsaikan masalah ketika dapat masalah, Setelah sering bersama kami melakukan olahraga dan bakar jagung bersama. 

PERINGATAN 12 TAHUN WAFATNYA BHIKKU ASHIN JINARAKKHITA
 
Jakarta. Minggu 20 afril 2014 telah  di peringati hari wafatnya Bhikksu Ashin Jinarakita yang ke 12 tahun  yang dilaksanaka di gedung Prasadha Jinarakkhita di lantai dua. Acara ini di hadiri oleh anggota sangha dan umat Buddha dari berbaga kota yang ikut hadir di gedung tersebut. Didalam acara ini juga di adakan ritual dengan tiga tradisi di antaranya: Theravada, Mahayana, dan vajrayana yang dipimpin oleh Bhikkhu sangha. Peringatan yang ke 12 ini juga di datangi oleh tokoh filosofi yang bernama ibu Patmawati yang dekat  dngan beliau ketika pulang dari belanda samapi ia meninggal. Ibu fatmawati juga  memberikan sambutan tentang kedekatan beliau dengan sukong ketika masih jadi anagarika. Beliau menyampaikan nilai budaya dan  kesederahanan neliau ketika beliau masih jadi anagariaka sampai jadi Bhikkhu, beliau juga aktif ketika di suruh ceramah di daerah-daerah seperti watugong. peringatan ini jugada bukan hanya di adakan di Prasadha Jinarakkhita tapi, diadakan di berbagai kota dan desa untuk memperingati wafatnya Bhikkhu Ashin Jinarakkhita atau sering kita sebut dengan nama sukong sebagai rasa bakti.


 






0 komentar: